Sunday, November 3, 2013

HP buatan China


Pada postingan kali ini, saya akan membahas lebih dalam karakteristik umum yang ada di semua ponsel buatan China. Anda pasti tahu (atau bahkan memiliki) merek-merek handphone buatan China seperti Nexian, Huawei, Blueberry, Beyond, K-Touch, dan sebagainya. Ponsel buatan China kian hari kian diminati banyak orang dari berbagai kalangan.




Pada awalnya dominasi handphone buatan China ini dimulai saat penyedia layanan CDMA contohnya Esia dan Fren sebagai pelopor yang memberikan satu paket penjualan kartu RUIM dan Handphone China dengan harga yang sangat merakyat (murah meriah). Kemudian merambah lagi kedalam pasar GSM yang berkembang lagi menjadi pasar mandiri. Bahkan sekarang sudah berkembang dari hanya berplatform Java kemudian menjadi berpaltform Android.

Kehadiran ponsel China ini dapat menjadi obat alternatif ponsel berfitur mewah dan berguna seperti pemain MP3, kamera 1 Mega Piksel, Java, Bluetooth, MMS, Video Player, bahkan lebih jauh lagi seperti TV Player, Sensor gerak, Android, Webcam, Modem, dan sebagainya. Sebelumnya fitur-fitur tersebut hanya bisa dinikmati oleh ponsel-ponsel kelas atas seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Samsung, dan LG yang notabene memiliki harga elit (sangat mahal). Akan tetapi ponsel buatan China sekarang sudah bisa mewujudkan “ponsel bintang lima harga kaki lima” dengan kualitas yang sangat bagus (walaupun masih banyak yang komplain karena banyak galat). Mau tidak mau sekarang ponsel buatan China sudah mulai menjadi dominasi baru ponsel murah menggeser ponsel kelas atas yang mahal. Berikut ini adalah karakteristik umum semua ponsel buatan China.


  • Memiliki prosesor Mediatek (MTK)

    MTK disini bukanlah Matematika tetapi merupakan singkatan dari Mediatek, perusahaan semikonduktor asal China yang sudah memiliki reputasi bagus dalam mebuat prosesor untuk berbagai gadget. Gadget yang dituju seperti Komputer, Tablet, Kamera, bahkan Handphone buatan china yang kita kenal saat ini. Berkat prosesor inilah kita bisa menikamti pemaimn musik MP3, Kamera 1 Mega Piksel, Bluetooth,dan sebagainya. Jika anda ingin mengetahui tipe MTK ponsel buatan China, ketika dihubungkan dengan komputer melalui kabel USB, akan terliihat tipe USB yang terdeteksi. Contoh, ketika saya menghubungkan HP Cross CB 83AT saya ke komputer dengan kabel USB, akan terlihat “MT6225” di properties Removeable Disknya. Atau ketika anda menginstal driver seperti modem ponsel China buatan anda. Jika anda ingin mengetahui fitur tipe MTK apakah sesuai dengan ponsel anda atau tidak, klik dan cari disini


  • Memiliki browser default MAUI WAP Browser

    Sesekali cobalah kunjungi halaman ini untuk mengetahui jenis WAP Browser yang digunakan handphone buatan China anda. Pastilah akan terdeteksi sebagai MAUI WAP Browser (namun sudah ada beberapa merek ponsel seperti Nexian dan ponsel berandroid yang memiliki browser khusus sesuai nama mereknya). Tidak seperti browser Netfront pada SonyEricsson, browser Safari untuk I-Phone, KHTML untuk Nokia dan browser OpenWaveuntuk Samsung, MAUI WAP Browser memiliki satu tipe yang sama. Bahkan saya sangat sulit untuk mencari identifikasi lebih lanjut mengenai MAUI WAP Browser ini seperti kepanjangan dari MAUI itu sendiri. Bagi anda yang tahu lebih banyak tentang WAP Browser ini, silahkan komentar langsung di postingan ini.
  • Memiliki fitur unik yang tidak ada di ponsel sebelumnya

    Berkat fitur unik yang ada di ponsel buatan China, seakan-akan seperti memiliki karakter tersendiri yang sangat menjual bagi konsumen. Fitur yang dimaksud adalah TV Tuner, Dual sim (sesama GSM, sesama CDMA, bahkan GSM dan CDMA), tiga SIM, E-Book Reader, Sensor gerak (contohnya Cross CB 83AT), Mobile Tracking, Enskripsi berkas di kartu memori (password), dan sebagainya. Fitur ini memang belum pernah ada sebelumnya di ponsel anyar seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola, LG, dan Samsung. Bisa dikatakan bahwa ponsel buatan China adalah pelopor untuk setiap fitur unik tersebu

  • Memiliki kompabilitas terhadap perkembangan teknologi

    Kompabilitas yang dimaksud adalah penggunaan aksesoris posel yang dapat dipasang dengan aksesoris lain seperti usb yang sama dengan usb card reader, sambungan charger yang sama dengan Nokia, dan sambuangan audio headset 3.5 mm yang kompatibel dengan mp3 player.Ini dimaksudkan agar posel dapat digunakan dengan aksesoris apa saja (tidak khusus seperti Nokia dan Sony Ericsson yang mempunyai sambungan khusus) yang fleksibel. Selain itu, mode USB yang ada pada ponsel buatan China ada 4 yaitu Removeable Disk (Flashdisk), Webcam, COM Port (untuk modem HP), dan koneksi Java (untuk istalasi aplikasi Java via komputer.

  • Memiliki satu permainan puzzle yang sama
Satu lagi yang menjadi ciri khas pada semua posel buatan China. Coba anda periksa fitur permainannya. Minimal ada satu permainan (game) yang sama yaitu permainan teka-teki (puzzle). Ajaibnya, semua pilihan dan gambarnya sama semuanya. Jadi dalam permainan ini ada tiga tahap yaitu mudah, sedang dan sulit. Untuk tahap mudah dipilih gambar anjing berwarna coklat, untuk tahap sedang dipilih gambar lebah diatas bunga merah, dan tahap sulit dipilih gambar anak perempuan berambut ungu yang sedang bersemangat. Dalam mengerjakan puzzle tersebut juga dihitung menggunakan waktu yang berjalan. Jika anda masih belum paham, coba cocokkan gambar disamping dengan fitur game puzzle tahap mudah di ponsel buatan China anda.

itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai perkembangan ponsel buatan China. Saya memposting artikel ini sesuai dengan pengalam saya yang sudah memiliki 3 (tiga) ponsel China yang menurut prediksi saya akan selalu mendapat tempat di hati Rakyat Indonesia. Jika ada yang ingin memberikan pendapat maupun sanggahan nisa melalui komentar di halaman postingan Blog ini. terima kasih

No comments:

Post a Comment