Thursday, February 12, 2015

Cara Menambahkan Hari Libur pada Kalender Android

Dalam merencanakan suatu kegiatan sudah pasti membutuhkan alat berupa kalender. Sering kali kita menghadapi kendala ketika menggunakan kalender pada perangkat Android kita karena tidak ada hari liburnya sehingga mau tidak mau harus menggunakan kalender konvensional untuk memastikan bahwa hari tersebut sesuai dengan rencana. Beruntung, baru-baru ini Google sudah menyediakan kalender berlangganan berisi hari libur sesuai dengan negaranya masing-masing secara gratis yang dapat disinkron secara otomatis melalui perangkat Android Anda. Ditambah lagi fitur ini juga dapat digunakan pada kalender selain produk Google seperti Microsoft Outlook. 

Kali ini saya akan menjelaskan cara berlangganan hari libur Indonesia pada perangkat Android Anda.

1. Pertama, buka Google Calendar di www.google.com/calendar. Jika belum masuk, masuk dengan akun Google Anda. 


2. Setelah itu tunggu sampai tampilan Google Calendar muncul seperti ini.


3. Kemudian buka tab baru lalu klik halaman ini: https://www.google.com/calendar/htmlembed?src=in.indonesian%23holiday@group.v.calendar.google.com. Klik “Subscribe with Google Calendar” di pojok kanan bawah dan tunggu sampai prosesnya selesai.


4. Ketika muncul tampilan ini, klik “Yes, add this calendar” dan tunggu proses berikutnya selesai.


5. Selamat, kalender hari libur Indonesia sudah ditambahkan ke kalender Google Anda. Anda bisa lihat tanda “Liburan di Indonesia” di Other calendars di pojok kiri bawah yang artinya Anda sudah berlangganan kalender hari libur Indonesia dari Google.


6. Buka tab “Agenda” di panel atas kalender jika ingin melihat hari libur yang akan datang. Langkah selanjutnya adalah sinkron kalender tersebut pada perangkat Android Anda.


7. Buka menu “Settings (Pengaturan)”, pilih menu “Accounts (Akun)” lalu pilih Google.


8. Pilih akun Google sesuai dengan alamat GMail yang Anda kehendaki.


9. Pilih menu “Calendar (Kalender)” sampai muncul tanda sinkron, tunggu hingga proses selesai. Sinkron pertama ini bertujuan untuk mengambil nama-nama kalender yang sudah kita langgani.


10. Lalu buka aplikasi “Calendar (Kalender )” di perangkat Android Anda, kemudian klik Menu - “Accounts (Akun)”.



11. Pada bagian Google, centang bagian “Liburan di Indonesia” untuk ditampilkan di kalender Android kita.



12. Lakukan sinkronisasi kalender Google Anda sekali lagi persis seperti proses nomor 9. Ini dilakukan untuk mendapatkan berbagai hari libur yang ada dalam kalender “Liburan di Indonesia”. Tunggu sampai proses sinkron selesai.


13. Selamat, hari libur Indonesia sudah berhasil ditambahkan kedalam kalender Android Anda. Untuk memeriksa hari libur yang akan datang, ganti mode tampilan kalender menjadi Agenda.



 14. Seperti ini tampilan hari libur yang sudah ditambahkan pada kalender Android Anda. 

15. Seperti ini tampilan rincian hari liburnya. Semoga bermanfaat. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan komentari artikel blog ini. Terima kasih.



Tambahan :
Jika ingin menambahkan hari libur lain, Google juga menyediakan berbagai macam hari libur. Penasaran? Saya akan bahas cara-caranya.

1. Pada tampilan awal Google Calendar, klik Opsi pada Other Calendars - Browse Interesting Calendars.


2. Nanti akan muncul tiga bagian : Holidays, Sports, dan More. Silahkan pilih sesuai dengan keingian. Jika Ingin melihat saja bisa klik "Preview" atau jika ingin langsung berlangganan klik "Subscribe".


3. Ingin sinkron kalender hari libur Google di aplikasi kalender lain seperti Microsoft Outlook? Pada tampilan utama Google Calendar, klik kalender yang ingin dikonversikan (Contoh kalender Liburan di Indonesia) lalu pilih Calendar Settings.


4. Pilih jenis format kalender yang Anda inginkan pada Calendar Address, ada 3 yaitu XML, ICAL, dan HTML. Pilih sesuai keinginan Anda.




3 comments: