Sunday, November 3, 2013

RDS

Logo RDS
Mungkin masih banyak belum tahu apa itu RDS. Hal itu berawal ketika saya mendengarkan satu siaran radio FM di Jakarta melalui HP saya. Tiba-tiba muncul sebuah tulisan “baru” di layar HP saya yang bertuliskan nama stasiun Radio FM yang sedang saya dengarkan. Telisik punya telisik rupanya stasiun radio FM yang sedang saya dengarkan menggunakan fasilitas yang sangat langka digunakan stasiun radio FM lain di Indonesia, yaitu RDS (Radio Data System).

Apa itu RDS ? RDS (Radio Data System) adalah standar protokol komunikasi untuk menampilkan informasi digital berkapasitas kecil didalam siaran radio FM konvensional. Standarisasi RDS mempunyai beberapa jenis informasi yang ditampilkan, termasuk waktu, nama stasiun radio, informasi program yang sedang disiarkan, bahkan peringatan darurat atau Alert Warning seperti bencana alam. Jadi, ketika mendengarkan siaran radio FM di layar HP yang diaktifkan RDS-nya tidak hanya menampilkan angka gelombang FM-nya. Di layar tersebut juga akan tampil nama dan identitas stasiun radio FM tersebut secara otomatis jika fitur RDS didalam HP dinyalakan.

Apakah semua stasiun radio memiliki fitur RDS? belum tentu. Untuk menikmati fitur ini, stasiun radio FM tersebut harus mempunyai alat khusus untuk memancarkan sinyal RDS untuk ditanamkan kedalam gelombang FM sebagai gelombang subpembawa atau subcarrier yang disebut RDS-equipped FM tuners. Besarnya frekuensi gelombang subcarrier tersebut adalah 57 kHz. Dan untuk menampilkan data RDS tersebut, fitur RDS didalam HP sudah harus dinyalakan terlebih dahulu dan fitur radio FM sedang dalam kondisi sedang menyala. Jika HP anda mempunyai fitur radio FM, cobalah periksa secara lengkap menu radio FMnya. Siapa tahu HP anda mendukung fitur RDS.

Sekarang fitur tersebut sudah banyak didukung oleh berbagai merk HP berfitur radio FM seperti Sony Ericsson, HTC, Apple, Sony, Nokia, Motorola, Samsung, LG serta berbagai perangkat berOS Android yang mendukung. Untuk lebih lengkapnya mengenai rincian merk HP yang mendukung fitur RDS bisa anda lihat melalui situs ini http://en.wikipedia.org/w/Radio_Data_System

Bagaimanakah tampilan RDS di layar HP. Kebetulan ada HP Cross A1 berOS Android 2.2 Froyo yang mendukung fitur ini sehingga dapat menampilkan data RDS di layar HP. Seperti inilah tampilannya :


 

Dibawah angka gelombang itulah data RDS yang  menampilkan nama stasiun radio FM yang sedang saya dengarkan. Memang penggunaan fitur RDS di Indonesia belum maksimal, baru sebatas nama stasiun radio. Sampai saat tulisan ini dibuat hanya 2 stasiun radio FM yang baru menggunakannya kembali di kawasan Jakarta yaitu stasiun PAS FM 92.4 FM dan stasiun POP FM 103.0 FM. Lain halnya di kawasan negara lain. Dimulai dari dikawasan Eropa, penggunaan RDS mulai merambah keseluruh kawasan seperti Amerika Utara sampai Asia seperti di Indonesia. Bahkan penggunaan RDS oleh stasiun radio FM metropolitan di Amerika Serikat telah menjadi basis dasar pemasarannya. Yang lebih keren lagi, RDS disana juga menampilkan nama judul lagu yang sedang diputar atau nama program yang sedang berjalan. Semoga penggunaan RDS di Indonesia khususnya di Jakarta akan diikuti stasiun radio FM yang lain dan lebih dimaksimalkan lagi di masa mendatang.

Sumber :



No comments:

Post a Comment