Sunday, November 3, 2013

Cara Offline Airplane Mode pada Handphone



Sebelumnya saya akan menjelaskan fungsi dari mode offline (atau disebut juga mode pesawat terbang) ini terlebih dahulu. Mode offline adalah mode ketika suatu ponsel diatur untuk menghentikan seluruh kegiatan yang menggunakan gelombang elektromagnetik (SMS, MMS, Telepon, Internet, WiFi, Bluetooth, Infra Merah, Sinyal HP). Ingat, tidak semua handphone memiliki fitur mode offline seperti ini.



Biasanya ponsel tersebut diatur pada keadaan demikian dikarenakan berada di tempat yang sangat riskan terkena radiasi elektromagnetik dari ponsel seperti Ruang Operasi karena ada alat-alat khusus seperti alat pacu jantung dan USG yang sangat sensitif dengan gelombang elektromagnet, Di pesawat terbang karena akan mengganggu navigasi pesawat, ditempat yang tidak ada sinyal karena akan menguras baterai untuk mencari sinyal, dan sebagainya.

Walaupun tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi, handphone tetap bisa dinyalakan khusus untuk fitur hiburan dan perkantoran seperti foto, pemutar musik, Radio FM dan TV (khusus kedua fitur ini tidak mengganggu karena hanya sebagai penerima gelombang atau receiver sementara fitur lain seperti SMS, MMS, Sinyal, Bluetooth terdapat pemancar gelombang atau transmitter yang bekerja secara otomatis. Khusus fitur ini juga yang paling banyak menguras baterai. Jadi gunakan kedua fitur ini dengan bijak), games, mengedit dokumen, dan sebagainya yang tidak dapat memancarkan gelombang elektromagnetik.

Pada postingan blog kali ini saya akan berbagi cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode offline (mode pesawat terbang) khusus untuk handphone Samsung, Nokia, dan Semua Handphone buatan China (Evercoss, dan sebagainya). Berikut langkah-langkahnya.


Samsung

Image result for logo samsungIni berlaku untuk semua model ponsel Samsung yang sudah mendukung fitur mode offline. Untuk mengaktifkan mode offline sangat praktis. Saat standby buka menu - pilih setting / pengaturan - pilih profil suara - pilih mode offline - aktifkan. Jika ingin menonaktifkan cukup ganti saja profilnya selain mode offline sesuai keinginan anda.




Nokia

Image result for logo nokia
Ini berlaku untuk semua model ponsel Nokia yang sudah mendukung fitur mode offline. Untuk mengaktifkan mode offline cukup mudah. Saat standby buka menu - pilih setting / pengaturan - pilih profil - pilih mode offline - aktifkan. Jika ingin menonaktifkan cukup ganti saja profilnya melalui menu selain mode offline sesuai keinginan anda.




Handphone buatan China


Ini berlaku untuk semua model ponsel buatan China seperti  Evercoss yang memang semuanya otomatis sudah mendukung fitur mode offline (terutama yang memiliki fitur dual sim). Untuk mengaktifkan mode offline (akan tetapi di ponsel selalu ditulis flight mode atau mode pesawat terbang) sangatlah mudah. Saat standby buka menu - pilih setting / pengaturan - pilih pengaturan dual sim- pilih modus penerbangan - ok. Untuk mengaktifkan kembali pilih saja mode sim yang ingin diaktifkan, apakah salah satunya atau dua-duanya (dual sim) yang dipilih sesuai keinginan anda.



Android

Mode penerbangan sudah tersedia untuk semua versi Android secara otomatis. Untuk mengakses mode penerbangan caranya sangatlah mudah. Untuk Android 1.5 (cupcake) sampai Android 2.3 (Gingerbread) dapat membuka menu - Settings - Wireless & Network Settings - Airplane mode (ceklis jika ingin mnegaktifkan). Untuk android 3.0 (Honeycomb) keatas tekan shortcut menu di kanan bawah dan klik simbol settings - Airplane mode (geser on untuk mengaktifkan).


Demikian tips singkat dan sederhana ini mungkin bisa membantu kesulitan anda mengenai fitur mode offline atau modus penerbangan ini. Menurut saya fitur ini dibuat agar si pengguna ponsel dapat menggunakann ponselnya untuk hal lain seperti mengambil foto atau mendengar musik kesukaan anda tanpa harus menonaktifkan ponsel anda di tempat tertentu. Jika anda ingin memberi pertanyaan, masukan, kritik, maupun saran mengenai postingan ini, cukup beri komentar postingan ini. Terakhir jika ingin mengutip sertakan link alamat postingan ini. Terima kasih atas kunjungan anda.

No comments:

Post a Comment